Senin, 05 Maret 2018

Solusi cara pasang CCTV dengan biaya murah untuk rumah

Sudah lama rasanya pengen pasang kamera kamera cctv untuk di counter saya, tapi setelah saya cek lagi paket cctv yang ditawarkan toko elektronik niat itu selalu ciut mengingat harga yang ditawarkan masih diluar jangkauan untuk urusan kebutuhan yang penting nggak penting itu.

Iseng-iseng saya buka bukalapak.com dan lihat harga-harga peralatan cctv yang ditawarkan, dari mulai per jensi hingga yang dijual per paket pun banyak dengan harga setengah dari yang toko elektronik sebelah tawarkan kepada saya. saya pun tertarik dengan paket  kamera 3mp  pcs sepaket plus kabel sama dvr dengan harga 2.5juta saja, semuanya dapet, tinggal pasang aja kata penjualnya setelah saya coba hubungi via inbox bukalapak.

Tapi rada mikir juga, gimana nanti pasangnya, apakah saya bisa?....dilanjutkan ke youtube lihat-lihat cara pasang konektor bnc cctv itu gimana, dan ternyata mudah dan alat bantunya pun ada di sekitar kita seperti, pisau cutter, tang, dll. istilahnya nggak usah beli lah, apalagi untuk pisau cutter kan bisa diganti sama pisau dapur atau sama golok, santai aja men.....

Untuk urusan dvr kata penjualnya suah di setting, tinggal bikin konektor bnc aja langsung tinggal colok, ok deh deal akhirnya dengan agak sedikit masih ragu saya klik tuh tombol beli yang berwarna hijau di bukalapak, dan akhirnya jadi juga beli paket cctv pikirku.

Selang dua hari paket pun tiba dianter tukang kurir yang suka ngaret itu, setelah dibuka jujur aja jadi pening kepala dibuatnya lihat peralatan yang disertakan, sempat panik juga apa bisa ya ini saya pasangnya, celaka duabelas kalo sampai gagal bisa berabe di omelin sama orang rumah 12 jam nin nanti. Ok lah kita mulai, saya bikin dulu ujung-ujung kabel cctv itu konektor buat gambar kamera dan kabel daya kameranya, emang semuanya udah lengkap ya tinggal rakit aja istilahnya, sambil dibantu sama mbah google dan youtube akhirnya satu kabel tester sepanjang 2 meter pun jadi, tak sabar saya coba colokin ke kamera dan disambungkan ke dvr, untuk kabel strum nya yang min plus warna merah hitam itu saya sambungkan ke power supply dc nya, dan menurut tulisan di box power supply nya itu untuk strum min ke konektor nomor 4 dan strum positipnya ke konektor nomor 6. dan jreng......ternyata kamera nggak idup pemiarsa, gambar blank hitam pekat di tampilan layar....

Keringat mulai keluar dan panik semakin menjadi, wah jangan - jangan ada yang kacau nih, atau salahnya dimana bingung juga setelah di cek dan ricek ternyata ya benar emang mestinya begitu nggak ada yang salah, woalah kacau nih, apa kameranya rusak kena bentur waktu pengiriman, ok saya buka lagi kamera satunya lagi, dan ternyata..................
gambar di monitor cctv masih blank pekat pemiarsa...


sampai sini agak nyerah juga, akhirnya saya cabut semua kabel power yang nancap ke colokan listrik, rebahan aja dulu, adah perasaan nyesel juga beli paketan cctv via online, soalnya belum pengalaman sama sekali, uda kepikiran mau retur malah ke seller bukalapaknya.

Setelah agak tenang solusi pun muncul, saya ingat dengan avometer buluk di lemari, langsung saya ambil, setelah di cek out kabel setrum yang ke kameranya yang arus dc itu ternyata nggak bergerak sama sekali, alias setrumnya nggak ngalir. saya cek konektor power supplynya ternyata yang buat tulisan di box power supply itu yang salah yang bener setrum positinya itu ada di konektor nomer 7 bukannya 6, sompret....dan setelah di sambung lagi kabel positipnya ke konektor nomer 7 gambar di monitorpun nyala. oalah senangnya...

Cerita ini semoga menginspirasi kalian yang mau pasang cctv buat sendiri, jangan ragu beli aja sendiri kamera, dvr, kabel serta peralatan yang lainnya via toko online, terus pasang sendiri. dan ternyata nggak serumit yang dikira. mudah dan sederhana.

Jika ada kesulitan atau punya problem seputar cctv silahkan koment ya.
terima kasih
Load disqus comments

0 komentar